Sunday, December 21, 2008

PERAWATAN KAKI

Perawatan kaki dan kuku kaki : buat lah larutan yang terdiri dari 2 sendok garam laut ke dalam 1 liter air panas. Akan lebih bagus lagi jika ke dalam larutan ini dimasukkan pula beberapa sendok makan alfalfa extract menthol. Rempah ini termasuk golongan kacang kedelai yang baik sekali untuk kesehatan kulit dan tulang. Sangat bermanfaat untuk merendam kaki yang capai dan pegal. Jangan lupa mengeringkan kaki dengan teliti.
- Kaki yang pecah-pecah dapat dihilangkan dengan menggunakan getah pepaya. Caranya : buah pepaya yang masih hijau kulitnya diiris tipis-tipis supaya keluar getahnya, dan dioleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah tadi. Yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu. Pengobatan ini dilakkan menjelang tidur atau sesudah mandi.
- Kaki yang lecet dapat disembuhkan dengan bawang meah. Caranya : setelah bawang merah dibelah menjadi dua, celupkan ke dalam minyak kelapa dan oleskan pada kaki yang lecet. Kalau sudah sembuh, sebelum memakai sepatu oleskan dahulu bawang merah tersebut.
- Daun cocor bebek dibersihkan dan ditumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada kaki yang sakit lalu diperban.
- Bagi yang selalu memakai sepatu kulit, adakalanya kaki berbau. Untuk menghilangkannya, gosoklah dengan irisan jeruk nipis kekaki.
- Agar kaki atau paha yang besar kelihatan indah, pakailah rok atau gaun. Bagi bentuk tubuh ini sangat tidak cocok memakai celana panjang. Lebih serasi lagi atau sesuai memakai tunik atau jaket.


Jika telapak kaki tertusuk paku meskipun lukanya kecil sekali, jangan diabaikan karena bisa menyebabkan infeksi yang cukup parah. Untuk menghindari hal tersebut, sayatlah luka pada telapak kaki tersebut dengan menggunakan ujung pisau yang sudah disterilkan. Kemudian cucilah atau siramlah luka tersebut dengan alkohol atau cairan anti infeksi agar kotoran atau karat dapat keluar. Jika paku patah dan tertingal didalam daging, harus segera dikeluarkan melalui operasi kecil.
- Kaki belang akibat terkena knalpot motor atau benda panas lainnya dapat dihilangkan dengan kijing, yaitu sejenis kerang yang memiliki kulit seperti siput, berbentuk panjang dan banyak terdapat disawah atau dirawa-rawa. Beberapa kulit kijing ditumbuk sampai halus, kemudian di saring dan dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan pada kaki yang belang,Kemudian jaga jangan sampai terkena sinar/terik matahari.
- Apabila kaki dan bagian badan lainnya bengkak, ambil daun miyana, campur dengan daun adas dan bawang, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan pada badan dan kaki yang bengkak.
- Bagi ibu-ibu yang baru bersalin, bengkak kakinya dapat disembuhkan atau diobati dengan meminum ramuan yang bahan-bahannya terdiri dari : rimpang lempuyang sepanjang jari, cabai satu buah, dan air satu cangkir. Caranya : lempuyang dan cabai di tumbuk halus,lalu diberi air dan diperas menggunakan kain yang bersih. Air perasan tersebut diminum sekali habis. Lakukan beberapa hari berturut-turut. Sebaiknya ibu berbaring dengan kaki diangkat sedikit atau diganjal dengan bantal.
- Bagi ibu-ibu hamil yang kakinya bengkak, dapat disembuhkan dengan meminum air tebu yang sudah tua sesering mungkin.
- Cara penyembuhan kedua dengan meminum air godokan rambut jagung sebanyak 1 gelas setiap hari. Rambut jagung direbus dengan 2 gelas air.
- Cara ketiga adalah buatlah adonan terdiri dari asam kawak, ragi tape, dan sedikit air. Campurkan ketiga bahan tersebut sehingga menjadi satu. Kemudian remas-remas sampai bercampur rata/lumat. Balurkan adonan ini ke kaki yang bengkak menjelang tidur malam.
- Kulit kaki yang kering biasanya menimbulkan rasa minder dalam pergaulan terutama bagi gadis/wanita. Untuk menghilangkannya, potonglah buntut mentimun biarkan sampai keluar getahnya. Selanjutnya gosokkan lah buntut yang bergetah pada kaki. Lakukan beberapa kali berturut-turut. Kulit kaki akan menjadi halus.
- Menghindari terjadinya kaki lecet, gunakanlah kaos kaki rangkap. Yaitu dengan menggunakan kaos tipis di dalam dan kaos agak tebal diluar. Dengan cara ini kaki tidak menjadi lecet.
- Membentuk kuku jari kaki menjadi persegi jangan dipanjangkan atau ditajamkan. Untuk menghaluskan gunakan ampelas kuku dari carton, jangan mengasah terlalu dekat dengan selaput kuku. Hal ini akan merusak keaslian pinggiran kuku atau menyebabkan keretakan dan sobek.

No comments:

Post a Comment

Kehidupan dimulai dari senyuman.... dan persahabatan adalah awal kehidupan... dan persahabatan kita bisa dimulai disini... Aku tunggu komentarnya ya...

Posting Terbaru